Sabtu, 03 Agustus 2019

Refleksi Hari Ini

Apa yang salah jika ada sedikit anggaran yang dikucurkan untuk membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif pemilik tanah, apalagi menjelang Pekan Olah Raga Nasional tahun 2020 esok di Tanah Papua. Bukankah ini bagian dari membangun pikiran bersama memajukan industry kreatif di tanah Papua.

Jika ada yang bertanggung jawab untuk hal ini, mari kita identifikasi sama-sama. Siapa para pelaku yang sudah terbantukan dengan anggaran pemerintah kini. Sudah adakah atau belum sama sekali. Esok di awal tahun, adalah sebuah tonggak sejarah baru untuk masyarakat pemilik tanah ini.

Catat dan selami segera keinginan mereka memperkenalkan budaya serta karya-karya bernilai. Buatkan sebuah lapak-lapak dari sekarang, modali mereka untuk membayar keringat dan air mata. Jadikan momentum penyelenggaraan olah raga terbesar di Indonesia ini dengan harga-harga yang layak.

Apakah mereka patut di sayang untuk gagasan-gagasan yang pernah dilahirkan, ataukah mereka hanya sebuah obyek di selasar-selasar yang mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Sebuah fenomena ekonomi yang selalu menjadi konsumsi kamera para pewarta dan akademisi untuk riset-riset tanpa presentasi.

Pekan olah raga esok mungkin bisa menjadi panggung keuntungan ekonomi, tapi juga bisa menjadi project gagal untuk para pelaku ekonomi kreatif pemilik negeri.

selamat malam
(KL)

Tidak ada komentar: