Kamis, 23 Mei 2013

Praktek Kerja Nyata dan Magang STIKOM Muhammadiyah Jayapura Tahun 2013

Praktek Kerja Nyata dan Magang STIKOM Muhammadiyah Jayapura Tahun 2013
Mukaddimah 
Upaya mencetak sarjana Ilmu Komunikasi yang professional haruslah tercermin dalam aktivitas pembelajaran yang secara nyata tertuang dalam kurikulum yang menitikberatkan pada professionalitas lulusan. Praktek Kerja Nyata (PKN) sebagai salah satu mata kuliah keilmuan dan keterampilan dapat dijadikan sebagai wadah untuk mencetak sarjana Ilmu Komunikasi yang terampil dan professional di bidang Komunikasi.

Praktek Kerja Nyata adalah kegiatan mahasiswa yang terecana dan terbimbing dalam bentuk praktek kerja guna memberikan pengalaman belajar tentang aplikasi disiplin ilmu. Peningkatan mutu pelaksanaan PKN harus senantiasa dilakukan sehingga standar kompetensi yang dihasilkan dalam PKN dapat tercapai. Dalam perspektif ilmu komunikasi, praktek kerja nyata adalah bagian dari aktualisasi mahasiswa untuk pembangunan.

Dalam pelaksanaannya PKN STIKOM Muhammadiyah Jayapura adalah bagian dari pengembangan intelektualitas mahasiswa diluar kampus. Pada kesempatan ini STIKOM Muhammadiyah Jayapura mencoba merangkul
Pemerintah Kota Jayapura untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan kognitif, avektif dan psikomotorik mahasiswa dalam bentuk praktek kerja.

A.    Tujuan dan Hasil Yang Diharapkan
1.    Menghasilkan lulusan yang berkualitas, professional, dan berdaya saing;
2.    Memberikan arah pelaksanaan PKN agar lebih mengena khususnya dibidang pemerintahan dan sinergi pada masyarakat.
3.    Membantu kinerja pemerintah secara administrasi dan melahirkan ide baru dalam bentuk program kreatifitas.

B.    Tata Tertib Pelaksanaan PKN dan Magang
Tata Tertib disusun sebagai pedoman mahasiswa PKN/ Magang untuk dapat berbuat, bertindak dan berperilaku demi kelancaran pelaksanaan dan keberhasilan tugas di lapangan.
Tata tertib ini mengatur kegiatan mahasiswa saat pra-pelaksanaan dan selama pelaksanaan di lokasi kerja PKN/ Magang.

1.    Pembekalan (Tgl 28 Januari, 04, 06 Maret 2013 )
a.    Mahasiswa calon peserta PKN/ Magang wajib mengikuti semua kegiatan pembekalan yang telah ditentukan sesuai dengan jadwal dan atau perubahan atau tambahannya.
b.    Setiap sesi kegiatan selama pembekalan dilakukan presensi kehadiran&kepulangan ( 2x sehari) yang harus ditandatangani oleh mahasiswa calon peserta PKN/ Magang. Presensi pembekalan merupakan salah satu prasyarat mahasiswa ke lapangan.
c.    Mahasiswa wajib mengikuti Test diakhir sesion pembekalan, nilai hasil test merupakan komponen menilaian.
d.    Mahasiswa calon peserta PKN/ Magang bertanggungjawab atas diri pribadi masing-masing. Apabila ada tanda tangan yang dipalsukan atau terjadi kelebihan tanda tangan, maka presensi kedua belah pihak dinyatakan tidak berlaku.
e.    Selama mengikuti pembekalan di kampus, mahasiswa calon peserta PKN/ Magang wajib menjaga ketertiban, berpakaian sopan dan rapi, tidak merokok didalam kelas dan juga tidak dalam keadaan dipengaruhi Minuman Keras dalam kelas maupun di halaman kampus, bersepatu, dan bersikap tenang untuk memahami.
f.    Petugas Pembekalan Materi PKN/ Magang berhak menegur, mencatat atau mengeluarkan mahasiswa calon peserta PKN/ Magang yang mengganggu kelancaran kegiatan pembekalan dan oleh karenanya dihapus dari presensi.

2.    Pelaksanaan
Selama pelaksanaan PKN/ Magang, mahasiswa wajib :
a.    Menjaga nama baik almamater.
b.    Mengikuti seluruh prosesi mulai dari pembekalan sampai pada penarikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
c.    Wajib menandatangani presensi Berita Acara yang akan dikoordinir oleh Dosen Pembimbing Lapangan/ Supervisor.
d.    Berada di lokasi kerja PKN/ Magang dengan mengikuti aturan yang berlaku di tempat.
e.    Mahasiswa peserta PKN/ Magang diluar jam kerja kantor tidak diperkenankan meninggalkan tempat terkecuali atas izin tertulis supervisor dan instansi tempat PKN/ Magang.
f.    Melaksanakan tugas-tugas PKN/ Magang dengan penuh rasa tanggungjawab dan dedikasi yang tinggi, baik tugas administrasi, yaitu pengisian presensi harian dan rencana pelaksanaan kegiatan, penyelesaian, penulisan laporan rencana kegiatan/ pelaksanaan, pengisian borang aktifitas, maupun tugas lapangan sesuai dengan perencanaan.
g.    Membina kerjasama dengan sesama Mahasiswa, Masyarakat, Instansi/ Dinas Pemerintah dan Pihak-pihak yang terkait.
h.    Menjaga kelengkapan dan keutuhan semua atribut mahasiswa dan semua alat perlengkapan kantor/ instansi tempat PKN/ Magang.
i.    Mengikuti responsi/ Ujian lapangan yang dilakukan oleh supervisor secara tertulis atau lisan pada ahir pelaksanaan PKN/ Magang.
j.    Dokumen  Laporan final LPK (Laporan Pelaksanaan Kegiatan) yang telah disyahkan oleh penanggungjawab terkait dikumpulkan selambat-lambatnya 3 ( tiga ) hari setelah penarikan mahasiswa PKN/ Magang.

Selama pelaksanaan PKN/ Magang, mahasiswa dilarang :
a.    Melakukan perbuatan yang mencemarkan nama baik almamater
b.    Mengkonsumsi Minuman Beralkohol dan obat terlarang dari jenis apapun juga
c.    Membawa/ menggunakan senjata tajam.
d.    Menggunakan wewenang/ pangkat/ jabatan di luar status peserta PKN/ Magang
e.    Membuat atau menggunakan stempel dan kop surat yang mengatasnamakan STIKOM Muhammadiyah Jayapura.

Sanksi-Sanksi Akibat Pelanggaran Tata Tertib
Telah diberi peringatan 2 x, tetapi masih melakukan pelanggaran
a.    Mahasiswa dikeluarkan dari presensi sebagai peserta PKN/ Magang
b.    Mahasiswa diskorsing dari perkuliahan
c.    Mahasiswa di serahkan secara hukum jika pelanggaran dianggap berat dimata hukum.
d.    Mahasiswa dikeluarkan dari kampus jika pelanggaran di anggap merugikan, mencemarkan nama baik kampus STIKOM Muhammadiyah Jayapura.

C.    Tempat Pelaksanaan
Pada dasarnya semua instansi pemerintah, swasta, BUMN/BUMD, NGO, kelompok  masyarakat dapat dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Prakter Kerja Nyata ( PKN ) namun di kesempatan kali ini STIKOM Muhammadiyah Jayapura memilih kantor – kantor pemerintahan di wilayah Kota Jayapura, karena menurut kami kantor pemerintahan di Kota ini masih membutuhkan tenaga mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Lokasi-lokasi pelaksanaan Praktek Kerja Nyata yang paling mungkin menjadi pilihan mahasiswa adalah Kantor Distrik dan Kantor Kelurahan dan oleh karenanya mahasiswa berkesempatan mempraktekkan pengetahuan teori yang telah diperoleh dan dimilikinya selama kuliah. Berikut sasaran PKN mahasiswa STIKOM Muhammadiyah Jayapura:
a.    Magang Mahasiswa Jurusan Hubungan Masyarakat
1.    Kantor Distrik Abepura
2.    Kantor Distrik Jayapura Selatan
3.    Kantor Distrik Heram

b.    PKN Mahasiswa Jurusan Komunikasi Massa
1.    Kantor Lurah Kota Baru
2.    Kantor Lurah Yobe
3.    Kantor Lurah Awiyo
4.    Kantor Lurah Wai Mhorock
5.    Kantor Lurah Wahno
6.    Kantor Lurah Asano
7.    Kantor Lurah VIM
8.    Kantor Lurah Waena
9.    Kantor Lurah Hedam
10.    Kantor Lurah Entrop
11.    Kantor Lurah Ardipura
12.    Kampus Stikom Muhammadiyah Jayapura

D.    Waktu Pelaksanaan
PKN adalah kegiatan akademik, karena itu pelaksanaannya dilakukan dalam masa kegiatan akademik. PKN STIKOM Muhammadiyah Jayapura dilakukan selama 1 bulan penuh kalender kerja.
Panitia PKN Stikom Muhammadiyah melalui LPPM yang di ketahui Ketua Perguruan Tinggi menetapkan waktu PKN Mahasiswa pada tanggal 28 Januari sampai 07 Maret 2013 dengan diawali Pembekalan mahasiswa.


Tidak ada komentar: